August 11, 2020

Aturan Baru Monetisasi Video Youtube (16 Januari 2018)

Informasi penting buat youtuber, setelah aturan baru dari youtube pada tanggal 6 April 2017, dimana setiap youtuber harus memiliki 10.000 penonton atau viewer untuk dapat monetisasi iklan pada videonya. Nah, pada tanggal 16 Januari 2018 youtube kembali mengeluarkan informasi penting kepada semua youtuber di dunia, judulnya adalah pengumuman kelayakan baru pada Program Partner Youtube. Dalam hal ini setiap youtuber harus memenuhi dan mengikuti persyaratan baru dari youtube untuk dapat monetisasi iklan pada konten video yang dibuat. Berikut ini adalah isi dari pengumuman tersebut atau anda dapat mengunjungi blog youtube creator disini.

Bagi youtuber pemula hal tersebut akan sangat memberatkan, karena untuk mencapai 4.000 jam tonton atau 240.000 menit tonton dan 1.000 subscriber atau pelanggan dalam 12 bulan terakhir itu bukan hal yang mudah. Nah bagi yang sudah berhasil monetisasi video dengan aturan pertama, mereka akan di review atau evaliasi kembali dari tanggal 20 Pebruari 2017 sampai dengan 20 Pebruari 2018 apakah channel youtube mereka sudah mencapai aturan yang kedua. Kalau seandainya mereka sudah mencapai 4.000 jam tonton dan 1.000 subscriber maka monetisasi video dapat dilanjutkan kembali, tetapi kalau seandainya belum mencapai hal tersebut maka channel mereka akan diberhentikan monetisasinya dan menunggu kembali sampai pada akhirnya mencapai 4.000 jam tonton dan 1.000 subscriber.

Youtube mengeluarkan aturan baru pasti ada alasan. Ya salah satunya adalah menghindari reuploader, youtube tidak mau menampilkan iklan pada konten yang bukan asli buatan mereka sendiri. Jadi jika kalian ingin menjadi youtuber, buatlah konten original atau buatan kalian sendiri. Jangan asal download trus upload kembali ke youtube. Disamping itu pula untuk mencapai 10.000 penonton youtube tidak menyarankan youtuber untuk melakukan hal curang seperti spam link video hanya untuk mendapatkan viewer semata. Nah bagaimana menurut kalian mengenai aturan baru ini?

Buat kalian para youtuber jadilah content creator yang inovatif, informatif dan dapat dinikmati dan berguna untuk semua orang, jangan menjadi reuploader karena hal tersebut dapat menyebabkan channel kalian di suspend atau bahkan di banned oleh youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *