September 25, 2020

Fakta Unik Tentang Bali

Bali yang dikenal dengan keindahan alam dan budayanya memiliki banyak keunikan yang terkandung di dalamnya. Nah ini nih yang perlu kalian ketahui tentang Bali, team Media Dewata merangkum fakta unik yang ada di Bali.

  1. Subak merupakan organisasi pengelolaan sawah di Bali yang menggabungkan harmonisasi antara hubungan Tuhan, manusia dan alam sekitar. Sistem subak ini bisa kamu lihat di areal persawahan di Bali dengan ciri khas sawah berundak. Sistem persawahan dengan subak ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Sistem Subak ini dianggap menjadi warisan penting untuk keberlangsungan hidup umat manusia dari sisi teknologi pertanian dan penyediaan bahan pangan.
  2. Bali dikenal dengan adat istiadat dan tradisi yang unik. Hal ini tercermin dari berbagai macam perayaan keagamaan serta ritual adatnya. Tidak heran bila Bali memiliki banyak hari libur dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Total hari raya lokal yang dijadikan hari libur di Bali mencapai 21 hari. Hari raya lokal tersebut meliputi Pagerwesi, Saraswati, Siwaratri, Tawur Kesanga-Nyepi-Ngembak Geni serta Galungan dan Kuningan.
  3. Jalan tol Bali Mandara menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua, terbentang sepanjang 12,7 kilometer diatas permukaan laut. Jalan tol ini merupakan jalan tol pertama yang ada di pulau Bali, sekaligus merupakan jalan tol terapung pertama yang ada di Indonesia. Selain itu jalan tol ini juga termasuk jalan tol yang unik karena memiliki jalur untuk sepeda motor di sisi kiri dan kanan. Jalan tol ini mulai dibangun pada bulan Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013.
  4. Desa Penglipuran memiliki luas 112 hektar, terdiri dari 12 hektar area rumah penduduk, 49 hektar area ladang dan 37 hektar area hutan bambu. Desa ini merupakan salah satu desa terindah di Indonesia, dan pernah mendapatkan predikat sebagai desa terbersih di dunia.
  5. Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) terletak di bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, hasil karya pematung terkenal Nyoman Nuarta dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada bulan September 2018 lalu. Patung ini menjadi patung tertinggi kedua di dunia mengalahkan patung liberty, dan juga menjadi patung tertinggi di Indonesia. Pembangunan patung ini memakan waktu selama 28 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *