August 11, 2020

Solusi Internet Jarak Jauh dengan Converter Fiber Optic NetLink HTB-3100

Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman pribadi saya dalam melakukan pelebaran jaringan usaha RT/RW Net saya. Dalam hal ini saya baru melayani sekeliling lingkungan rumah yang jaraknya sekitar 150 meter saja, ya dengan jarak segitu pakai UTP Cat 6 masih enjoy-enjoy saja. Semakin hari permintaan pelanggan semakin tinggi, dimana banyak permintaan baru yang melewati jarak 200 meter, memutar kepala banget rasanya. Sempat berfikir buat tower, tp biayanya lumayan juga. Untuk pemula ngeluarin uang gede buat anggaran seperti itu ya terasalah. Dengan jarak 500 meter, sempat berfikir taruh switch/hub di setiap 100 meter UTP juga bakal membengkak biayanya. Wah lumayan pusinglah.

Pada suatu saat saya menemukan cara dari teman saya, yaitu dengan menggunakan converter fiber optic NetLink HTB 3100. Solusi ini mungkin yang terbaik buat saya, karena menggunakan alat ini kecepatan lebih stabil. Dengan converter ini saya berharap adalah solusi terakhir buat melayani pelanggan dengan jarak jauh. Adapun konsep kerja dari converter ini sangat mudah, kita tinggal menghubungkan UTP atau LAN dari server kita ke salah satu konverter dan menghubungkannya dengan kabel fiber optic yang maksimal jaraknya 25 kilometer dengan konverter yang satunya, ketika sampai di pelanggan tergantung kebutuhan kita, ntah itu dihubungkan dengan switch/hub ataupun langsung ke wifi routernya. Untuk review spesifikasi dari converter NetLink HTB-3100 adalah sebagai berikut :

Berikut ini juga saya lengkapi video pemasangan converter NetLink HTB-3100 pada saat saya dilapangan, tentunya dengan kreasi saya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *