December 2, 2020

Babi Guling Makanan Khas Bali

Ngomong-ngomong tentang Bali, pasti tidak lepas dengan kesenian dan budayanya. Nah selain itu tidak lengkap rasanya kalau kita belum membahas makanan khas bali yang satu ini, yaitu babi guling. Bagi kalian yang sudah sering ke Bali, pasti sering melihat plakat nama Warung Babi Guling dijalanan. Nah apakah kalian sudah mencoba makanan tersebut? Oke, membahas mengenai babi guling tentu tidak lepas dari sebuah makanan. Nah disini penulis akan menjelaskan mengenai makanan tersebut.

Yang pertama adalah babi yang digunakan untuk membuat babi guling adalah berjenis kelamin perempuan, nah kenapa harus berjenis perempuan? Ya itu karena aturan adat istiadat Bali dalam melakukan persembahan. Dalam hal ini babi guling tidak dijadikan kuliner saja oleh masyarakat Bali, melainkan juga dijadikan sarana persembahan dalam persembahyangan umat Hindu.

Babi yang digunakan untuk membuat babi guling umurnya relatif masih muda, ya tentu disini alasannya adalah bobot dan untuk mendapatkan hasil kulit dengan renyah yang terbaik, karena dalam pembuatannya menggunakan teknik memanggang diatas bara api. Untuk mengetahui cara pembuatan babi guling, penulis sudah menyiapkan video dibawah ini.

Dari catatan dan video diatas dapat disimpulkan Babi Guling merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari Babi yang umurnya relatif muda, perut dari babi diisi bumbu/rempah dan sayuran seperti daun singkong kemudian dipanggang sambil diputar-putar sampai matang selama kurang lebih 4 jam yang ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi merah kecoklatan. Selain dijadikan kuliner babi guling juga dijadikan sarana persembahan dalam persembahyangan untuk umat Hindu di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *